Sabtu, 05 Desember 2009

Kaligrafi Kulit Telur

CARA PEMBUATAN KALIGRAFI KULIT TELUR
Bahan:
1.Limbah Kulit Telur
2.Lem Kayu
3.Kavas atau Triplek
4.Semen Putih
5.Pilox Clear

Alat:
1.Cutter atau Kafe
2.Kuas untuk lem
3.Pensil
4.Rakel Bekas Sendal
5.Cat apa saja

Photobucket

Proses
1.Ambil limbah kulit telur, baik dari dapur sendiri atau dari pedagang martabak,
pedagang nasi goreng.
2.Rendam dan bersih kan kulit ari telur tersebut sampai terkelupas, kulit ari ada didalam yang warna nya putih.
3.Kering kan beberapa menit boleh dari satu jam,sebaik nya jangan di tempat panas.
4.Buat sketsa Kaligrafi dengan pesil atau kapur pada media kanvas atau triplek.
5.Tempel kan kulit telur yang sudah kering tadi dengan lem putih, lem kayu.
6.Tekan sampai menempel pada permukaan media tersebut.
7.Jika melebihi dari sketsa bisa di potong mengguakan kafe atau cutter.
8.Kering kan karya yang sudah di templel kulit telur tadi.kira-kira 3 jam-an.
9.Nat yang masih kosong diantara kulit telur bisa di kasih semen putih.Menggunakan
rakel dari sandal bekas.
10.Semprot dengan pernis atau pilox clear agar semen putih lebih mengikat degan kuat.
11.Amplas agar mudah untuk di warnai.
12.Warnai sesuai selera anda.
13.Pernis kembali agar tahan lama.
14.Jangan lupa di frame/bingkai.
Kulit telur bisa menempel di media apa saja,termasuk permukaa yang licin karena kulit telur terbetuk dari butiran kapur.

Silakan mencoba....

Photobucket
Qur'an Surat Al Ashr:1-3
Photobucket

Photobucket

  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

10 komentar:

  1. good ide..
    yan-architect
    081283842828

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah mampir..

    BalasHapus
  3. Anonim7:23 PM

    mas..
    boleh tanya tidak..
    untung penggunaan cat
    untuk kaligrafi telur, cat nya apa yah...
    yang lebih bagus arkilit atau cat air biasa..
    terimaksih..
    kaligrafinya bagus..
    saya ingin coba membuat..

    BalasHapus
  4. coba pakai cat imra..karena cat imra ini dekat dengan warna kulit telur, jadi lbh nature..

    BalasHapus
  5. Anonim1:10 PM

    nais share bang

    BalasHapus
  6. info yang bener2 bermanfaat. mari mampir ke gubugku juga bang berbagi-rizki.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Ini nanti jadi bahan praktek daur Ulang sampah... Thank bang for info nya...

    BalasHapus
  8. Anonim11:09 PM

    itu nempelin pecahan kulit telurnya bisa rapet gitu gimana bang? saya kok susah ya, jadi gak rapih.. apa antar pinggir pecahan kulit telurnya saling ditumpuk ?

    BalasHapus
  9. bisa tinggal Inovasi aja Bung Nizar

    BalasHapus
  10. Aku baru belajr nie.. Doain aku bsa ea..
    N mkasih bngt.. Dengan nie aku jdi lebih mudh mengerti.. Slam

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails
 
layout made by Rindi Khoirusiffa - Paper Templates