PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 26 November 2009

KARYA KU, KALIGRAFI KULIT TELUR

Karya Kaligrafi Kulit Telur Dengan Eksperimen Warna
Photobucket Photobucket


Photobucket Photobucket

Photobucket

Foto Kegiatan

Foto Profile
Photobucket
Photobucket
Photobucket

Pameran Karya
Photobucket Photobucket

Dekorasi Masjid
Photobucket Photobucket

Profile

A.DATA PRIBADI
Nama: Abd. Rahman S.Pd.
Alamat: Jln. Pejaten Barat II Rt.13 Rw.08 No.41 Jakarta Selatan 12510
Telp.: 021 95452912
08128690764

B.PENDIDIKAN FORMAL
1985-1991 : MI Fatahillah-Jakarta Selatan
1991-1994 : MTs Fatahillah-Jakarta Selatan
1994-1997 : MAN 4 Pondok Pinang-Jakarta Selatan
1997-2004 : Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa Dan Seni
Universitas Negeri Jakarta (U N J)

C. PENGALAMAN
I.PENGALAMAN KERJA
1997-1998 : Tim Dekorasi “ JEMSER” Jembatan Seni Rupa-Jakarta Timur
1998-1999 : Melatih menulis kaligrafi pada LKI (Lembaga Kaligrafi Islam)-Hidayatul Anam,Jakarta
Selatan
1999-2003 : -Pelukis Foto pada P.T. ATLANTIK, Jakarta Timur
-Guru Gambar TK Darussalam,Bekasi
-Guru Gambar SURYA PRIVATE,Jakarta Timur
-Aktif dibidang Fotografi
-Tim Dekorasi Sanggar Nurul Fitra,Jakarta Selatan
2002 :Pelukis PT. Euro Semesta Consultindo ,Jakarta Selatan
2003-2004 :Guru Gambar Sanggar SABILA,Bekasi
2004 :-Guru Gambar TK Regency,Bintaro
-Guru Gambar TK AL AZHAR 17,Bintaro
-Guru Gambar SDI AL AZHAR 13 Rawamangun,Jakarta Selatan
-Guru Gambar TK Utama,Bintaro
-Guru Gambar TK BLOSSOM-David Chalik,Jakarta Selatan
-Guru Gambar TK Beruang Madu,Tangerang
-Guru Gambar TK AL AZHAR 12,Cikarang
2005-2009: Guru Gambar TK AL AZHAR 12,Cikarang
2005 (23-30 Mei):Orientasi Guru SDI AL AZHAR 12,Cikarang
(28Jun-30Des):Pengangkatan Guru SDI ALAZHAR 12,Cikarang
(1 Jan 2006-
13 Jul 2009)
:Pengangkatan Guru Tetap SDI AL AZHAR 12,Cikarang
NIP:1 0705 1442 Gol.VA (Pembina Muda)
Kep.Sekolah: H. Endang, S.Ag
(1 Jul 2005-
Juni 2006)
:Mengajar di SMPI AL AZHAR 16,Cikarang
Kep. Sekolah: Drs. Arifin Nasution, MM.
(20 Jan 2009):Kenaikan Gologan VB (Pembina Muda tk.I)
(13 Jul 2009):Mutasi Ke SMPI AL AZHAR 4Kemandoran-Slipi,Jakarta Selatan
2009-Sekarang:Guru SMPI AL AZHAR 4 Kemandoran-Slipi,Jakarta Selatan

II.SURAT TUGAS
15 Feb 2000: Seminar Pendidikan Nasional dan Pembangunan Peradaban Bangsa (Sertifikat)
14-15Agus 2001:Seminar Teknik Penggunanaan Slide Warna Fotografi,JDC (Sertifikat)
8 Apr 2006:Pendamping Lomba Mata Pelajaran SDI Al Azhar Se-Al AZHAR
20 Mei 2006:Seminar Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan oleh AM. Rukky Santoso,Cikarang

14-19 Mei 2006/2007
Pengawas Silang Ujian Akhir Sekolah tingkat SD/MI-SDN Simpang 01,Cikarang
26 juni-6 Juli 2006:Pengenalan Awal Pegawai (sertifikat)
27-29 Juni 2007: Pendamping Lomba Olimpiade dan Kreativitas Siswa tk. Provinsi
23-24 Nop 2007:Pendamping Lomba Pramuka Se-Al Azhar
11-18 Maret 2008:Pendamping Lomba Kreasi Se-Al AZhar Murid SMPI Al Azhar 16,Cikarang
26-27 Juli 2008:Pendamping “IN HOUSE TRAINING ESQ KIDS” Restoran Sami Kuring,Cikarang
25 Jan 2009:Pelatihan Pembuatan Soal oleh Drs. H. Safari, M..A
28 Feb 2009:Seminar Kiat Orang Tua dalam Membantu dan Mempersiapkan Anak Menghadapi
Persiapan dan Stress Oleh: Elly Risman, Psi. Dari Yayasan Kita dan Buah Hati
29 Mar 2009:Pendamping GSM (Gelombang Spritual Muslim) SDI Al Azhar 12,Cikarang
11-13 Mei 2009: Pengawas Silang Ujian Akhir Sekolah tingkat SD/MI-SDN Simpang 06,Cikarang

III.PENGALAMAN LOMBA
22 Mei 1995:Juara Favorit Lukis Kaligrafi SCTV kel.B/SMP-SMA
19 Des 1995:Juara :Juara I Lomba Kaligrafi PORSENI MAN Se Jabotabeg
15 Oktober 1995:Peserta Demo Kaligrafi Akbar,Festival Istiqlal II-Masjid Istiqlal
29 Jan 1995: Juara III Lomba Kaligrafi HUT Irmanufal IV
8 Feb 1996:Juara I Kaligrafi Se Jakarta Selatan Kegiatan Ramadhan 1416H

IV.JURI LOMBA
2004:Juri Lomba Gambar Ulang Tahun Kalbe Farma,Lap Banteng,Jakarta Selatan
1-15 Sep 2005:Juri Lomba Bercerita,Mengucap Syair,Mewarnai TKI Al Azhar 12, Cikarang
2005:Juri Lomba Pekan Budaya Indonesia dan Pameran Lukisan anak
3 Nov 2007:Juri Lomba FAMLY GATHERING TKI Al Azhar 12,Cikarang
2007:Juri Lomba Lukis Tk.Gugus
7 Feb 2009:Juri Lomba Kab.Bekasi,SDK Penabur,Cikarang

V.PENGALAMAN PAMERAN
1994:Pameran Sanggar Nurul Fitrah Imtihan Hidayatul Anam
1995:Pameran Parade Pemenang Lomba Kaligrafi SCTV
2000:Parade PerFomen ART
2001:Jambore Seni Rupa Nasional VI
2004:Pameran Tugas Akhir ,Museum Tekstil,Jakarta
2004:Pameran Ilmiah Mahasiswa,Ged. GAZEBO,Bandung
2005-Sekarang:Pameran Karya Murid dan Guru Al Azhar

Pengalaman yang lain yaitu beberapa menulis,melukis dinding masjid, Sekolah dan rumah. Pembuatan Kaligrafi, Lukisan Mural awan,Pemandangan dan 3 dimensi serta acara dekorasi akhir tahun sekolah berupa background panggung.

Rabu, 18 November 2009

Bang Maman


BANG RAHMAN/MAMAN

Sedari kecil saye dipanggil MAMAN, baik dilingkungan rumah tempat bermain atau sekolah.Waktu bermain masa kecil pun aye suka hujan-hujanan, mandi di kobakan, kalo dulu empang nyak,babe..he2..kalo ga mandi di kali (sungai) nyang jurusan ragunan-kalibata ntu..tu sering banjir mulu.habis mandi dikobakan langsung deh cari makan buah-buahan di kebon engkong.kalo maen klici (sekarang klereng) pasti menang mulu..kalo kalah pun selalu penasaran pengen maen lagi..hehe dasar waktu duu ye..mang indah..Cuma maen di lingkungan juge udeh seneng..sorenya tinggal mandi..solat magrig terus ngaji deh, kalo ngaji ne jauh banget lewat kebon da gitu ga ada lampu..celepuk (burung hantu sering bunyi) apalagi nyang namanya kuntil anak..pokoknye serem deh..tapi waktu dulu kenape berani bangett ye..kalo niat buat nyang bener pokonye enak dan berani deh..

Tahun 85-an masuk pertama kali sekolah di MI Fahillah alamatnya di pulo kali bata,muatan agama di sekolah ini mang mantap,ada nahu sorof.fiqih, praktek solat dll.ngga kaya sekarang cuman agama ama al quran.waktu ntu nyang jadi Kepala Sekolah nya Bapak Kh.H.M. Shoheh sekarang udeh almarhum..ntu..tu baik bangett ma murid,sampe-sampe murid nya pernah di bagi koin GOBANGAN seratus yang tebel banget sampe sekarang saya udeh berkeluarga masih inget terus.nah disini juga dah kenal dikit seni islam yaitu KALIGRAFI. Pertama buat kaligrafi sama ust. Hasanuddin tapi lom kenal kaidah, dan disini juge ktemu sama Fahmi yang udeh duluan tau tentang Kaligrafi..jadi deh belajar juga ma die.
Tahun 90-an masuk deh ke MTs Fatahillah waktu ntu masuk pertamanya gratis karena BEASISWA dapet rangking I..ya ngebantu meringankan beban orang tua.Nah disini ktemu deh ma Ust. Khairuddin Mz yang deket ma murid-murid tentang bakat dan talenta seni, ada yang bisa tahfid,qiroat dan kaligrafi Al Quran, saye salahsatunye nyang suka ma seni kaligrafi..mulailah saye belajar banyak tentang kaligrafi ampe-ampe kalo ada JOB disekolah, Masyarakat saye selalu ikut dan belajar memberanikan diri untuk membuat karya.Saye pun berani mengikuti beberapa lomba kaligrafi dari mulai tingkat kelas, antar sekolah bahkan tingkat jabotabek dan selalu mendapet juara.sehinggan menambah motivasi tuk saya menggeluti dunia seni.Pak Khairuddin selalu menginformasikan jika ada lomba berlangsung bahkan Pak Khairuddin pun membimbing,membelikan alat-alat serta mengantarkan dan menunggu muridnya yang ikut lomba,betapa ikhlas nya Pak Khairuddin ini.Ia pun sering menjadi juri dimana-mana, sampe sekarang pun saye masih silaturrahmi, semoga saya bisa mengikuti jejaknya..Amiiin, “BAIK DAN IKHLAS”
Tahun 91-an saye memasuki sekolah MAN 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan,saye aktif di OSIS disini juga beberapa mengikuti kegiatan lomba tingkat sekolah aliyah dan menjuarai dan mulailah menjadi juri setiap ada event acara kelas dan sekolah. Sayepun menulis kaligrafi pada masjid di MAN 4 ini, dan mengikuti lomba SENI KALIGRAFI di SCTV tingkat Nasional saya pun menjuarai dan membawa nama baik MAN 4. Dan setiap ada acara BAKSOS OSIS, Pramuka saye pun sering menulis kaligrafi pada Mushola atau Masjid.
Tahun 97-an memasuki dunia perkuliahan,Universitas Negeri Jakarta.Mulai lah saye mendalami dunia SENI secara umum.dari Dwimatra, Trimatra, Dua dimensi dan Tiga dimensi. Tambah lah ilmu praktek lagi mulai dari menggambar bentuk, model, kendaraan,anatomi, papan tulis, melukis di canvas, melukis dinding (mural), perspektif dan banyak lagi. Tambah kenal teman-teman yang menguasai seni dari saya,semakin saya belajar dengannya.Job pun sering mengalir pada saye dan temen-temen saye.Waktu itu saye beranikan diri untuk tinggal bersama temen-temen satu rumah tanpa bayar,karena temen saye waktu itu bekerja pade suatu yayasan dan tinggal pada rumah yayasan tersebut. Sehari-hari makan kami pun patungan sehingga bisa makan rame-rame.Temen ku berasal dari daerah semua; Wawan Rahmawan,Aam dari Kuningan, Bagus Pathoni dari Tangerang, Dasep dari Sukabumi,Bang Utun dari Cempaka Putih dan Mas Hedi dari Jepara. Suatu saat kami pun harus pindah dari rumah yang gratis dan kami pun mengontrak satu rumah, untuk membayar kontrakan, biaya kuliah kami pun mulai cari-cari job, mengajar privat. Sehinngga kami pun bersama bisa menyelesaikan study di UNJ bersama-sama tahun 2004. Kamipun berpisah mencari jatidiri masing-masing, ada yang bekerja televise,staf pengajar dll nya.
Tahun 04-an mulai lah saye mengajar di SD Islam Al Azhar 12 Cikarang.Di sinipun saye bayak membuat karya-karya pada dekorasi sekolah TK dan SD, bahkan setiap event acara menjadi juri tuk murid-murid.Saye menjadi Guru Seni Rupa dan Ketrampilan kalo sekarang Seni Budaya dan Ketrampilan.Saye bekerja di SDI Al Azhar Cikarang sampe tahun 2009, akhirnya saye meminta mutasi ke Al Azhar yang terdekat dari rumah dan keluarga saye,dan dapet lah saya di Al Azhar Palmerah-Slipi, Jakarta Selatan.
Tahun 2009 Saye pun mulai mengajar di SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran-Palmerah,Slipi Jakarta Selatan
BERSAMBUNG…………..

Selasa, 10 November 2009

KHAIRUDDIN M.Z
Photobucket
Karya Dekorasi Kubah

Lahir di Jln Amil-Siaga,Kerobokan Jakarta Selatan.Seorang Guru Agama yang pandai melantunkan ayat suci Al Quran serta kepandaian nya dibidang tulis indah kaligrafi .Ia Merupakan seorang guru yang berperan kepada muridnya yang mempunyai bakat khususnya bidang kaligrafi.Khairuddin M.z berprofesi sebagai Guru di MTs. Fatahillah Jakarta Selatan hingga kini, dan pengangkatan sebagai pegawai negeri pun sudah dilaksanakan.Ilmu nya selal u diturunkan kepada murid-murid nya hingga sampai muridnya kuliah hingga berhasil.Praktek lukisnya pun sudah dilakukan dimana-mana mulai dari dekorasi sekolah hinggga masjid-masjid dilakukan bersama murid nya.Karya spektakulernya yaitu di lakukan di KUBAH dengan tulisan kaligrafi Asmaul Husna.
Photobucket

SARNADI ADAM


Sarnadi Adam lahir di kampung Simprug Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 27 Agustus 1956. Ia belajar seni lukis di Akademi Seni Rupa Indonesia, Yogyakarta. Sarnadi Adam melukis dalam gaya dekoratif dalam menggambarkan berbagai aspek tradisi masyarakat Betawi.
Tak banyak pelukis Betawi yang dikenal di tataran seni lukis nasional. Tak banyak pula pelukis yang berminat pada objek-objek yang sangat dekat dengan tradisi Betawi. Dari yang tak banyak itu, Sarnadi Adam muncul sebagai satu nama yang begitu setia melukis pernak-pernik Betawi di atas kanvasnya. Pelukis ini telah lama diidentikkan dengan kebetawian.
Sarnadi melukis lima lelaki Betawi lengkap dengan pakaian silat berwarna putih, sarung terselempang di pundak dan berpeci. Bak seorang jagoan�mirip Bang Jampang, jagoan legenda Betawi�tongkrongannya jantan dengan kumis dan brewok menyatu, siap menghadang lawan. Lukisan ini diberi judul Ente Jual Ane Beli, sebuah prinsip yang dipegang kukuh oleh pendekar Betawi yang kira-kira berarti "tak ingin memulai perkelahian, tapi kalau sudah ditantang, apa boleh buat."
Pengamat seni Agus Darmawan melihat Sarnadi sebagai aset Betawi. Dalam lukisan-lukisannya, Sarnadi begitu kuat menggambarkan kota yang dulu bernama Batavia ini berada dalam posisi yang miris budaya. Posisi komunitas Betawi sering berada dalam posisi yang "kalah". Hal itu yang membuat Ali Sadikin mewaspadai dengan penegasan perlunya daerah cagar budaya Betawi terutama di kawasan Condet dan Srengseng Sawah, yang konon masih sangat "asli Betawi".
Sarnadi yang lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa ASRI Yogyakarta menyadari perbedaan komunal masyarakat Yogyakarta yang kuat merengkuh tradisi sehingga ketika masyarakat dari beragam suku masuk, justru pendatang itu yang jadi menyesuaikan dengan iklim Yogyakarta. Pada Betawi hal yang terjadi malah sebaliknya. Untuk itulah, sebagai putra daerah yang juga pelukis, dia berusaha mempertahankannya lewat karya-karyanya berupa lukisan.

Foto Saat Konsultasi Tugas Akhir
sa
Foto Bersama Pak Sarnadi adam dan Para Dosen
Photobucket

Jumat, 06 November 2009

BETAWI


Suku Betawi berasal dari hasil kawin-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Apa yang disebut dengan orang atau Suku Betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Jawa, Arab, Bali, Sumbawa, Ambon, Melayu dan Tionghoa.

Istilah Betawi

Kata Betawi digunakan untuk menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta dan bahasa Melayu Kreol yang digunakannya, dan juga kebudayaan Melayunya. Kata Betawi sebenarnya berasal dari kata "Batavia," yaitu nama kuno Jakarta yang diberikan oleh Belanda.

Sejarah

Diawali oleh orang Sunda (mayoritas), sebelum abad ke-16 dan masuk ke dalam Kerajaan Tarumanegara serta kemudian Pakuan Pajajaran. Selain orang Sunda, terdapat pula pedagang dan pelaut asing dari pesisir utara Jawa, dari berbagai pulau Indonesia Timur, dari Malaka di semenanjung Malaya, bahkan dari Tiongkok serta Gujarat di India.

Antropolog Universitas Indonesia, Dr. Yasmine Zaki Shahab, MA memperkirakan, etnis Betawi baru terbentuk sekitar seabad lalu, antara tahun 1815-1893. Perkiraan ini didasarkan atas studi sejarah demografi penduduk Jakarta yang dirintis sejarawan Australia, Lance Castle. Di zaman kolonial Belanda, pemerintah selalu melakukan sensus, yang dibuat berdasarkan bangsa atau golongan etnisnya. Dalam data sensus penduduk Jakarta tahun 1615 dan 1815, terdapat penduduk dari berbagai golongan etnis, tetapi tidak ada catatan mengenai golongan etnis Betawi.

Rumah Bugis di bagian utara Jl. Mangga Dua di daerah kampung Bugis yang dimulai pada tahun 1690. Pada awal abad ke 20 ini masih terdapat beberapa rumah seperti ini di daerah Kota. Hasil sensus tahun 1893 menunjukkan hilangnya sejumlah golongan etnis yang sebelumnya ada. Misalnya saja orang Arab dan Moor, orang Jawa dan Sunda, orang Sulawesi Selatan, orang Sumbawa, orang Ambon dan Banda, dan orang Melayu.

Suku Betawi

Pada tahun 1930, kategori orang Betawi yang sebelumnya tidak pernah ada justru muncul sebagai kategori baru dalam data sensus tahun tersebut. Jumlah orang Betawi sebanyak 778.953 jiwa dan menjadi mayoritas penduduk Batavia waktu itu.

Antropolog Universitas Indonesia lainnya, Prof Dr Parsudi Suparlan menyatakan, kesadaran sebagai orang Betawi pada awal pembentukan kelompok etnis itu juga belum mengakar. Dalam pergaulan sehari-hari, mereka lebih sering menyebut diri berdasarkan lokalitas tempat tinggal mereka, seperti orang Kemayoran, orang Senen, atau orang Rawabelong.
Pengakuan terhadap adanya orang Betawi sebagai sebuah kelompok etnis dan sebagai satuan sosial dan politik dalam lingkup yang lebih luas, yakni Hindia Belanda, baru muncul pada tahun 1923, saat Husni Thamrin, tokoh masyarakat Betawi mendirikan Perkoempoelan Kaoem Betawi. Baru pada waktu itu pula segenap orang Betawi sadar mereka merupakan sebuah golongan, yakni golongan orang Betawi.

Ada juga yang berpendapat bahwa orang Betawi tidak hanya mencakup masyarakat campuran dalam benteng Batavia yang dibangun oleh Belanda tapi juga mencakup penduduk di luar benteng tersebut yang disebut masyarakat proto Betawi. Penduduk lokal di luar benteng Batavia tersebut sudah menggunakan bahasa Melayu, yang umum digunakan di Sumatera, yang kemudian dijadikan sebagai bahasa nasional. Hal ini terjadi karena pada abad ke-6, kerajaan Sriwijaya menyerang pusat kerajaan Tarumanagara yang terletak di bagian utara Jakarta sehingga pengaruh bahasa Melayu sangat kuat disini.

Selain itu, perjanjian antara Surawisesa (raja Kerajaan Sunda) dengan bangsa Portugis pada tahun 1512 yang membolehkan Portugis untuk membangun suatu komunitas di Sunda Kalapa mengakibatkan perkawinan campuran antara penduduk lokal dengan bangsa Portugis yang menurunkan darah campuran Portugis. Dari komunitas ini lahir musik keroncong.

Setelah kemerdekaan

Sejak akhir abad yang lalu dan khususnya setelah kemerdekaan (1945), Jakarta dibanjiri imigran dari seluruh Indonesia, sehingga orang Betawi — dalam arti apapun juga — tinggal sebagai minoritas. Pada tahun 1961, 'suku' Betawi mencakup kurang lebih 22,9 persen dari antara 2,9 juta penduduk Jakarta pada waktu itu. Mereka semakin terdesak ke pinggiran, bahkan ramai-ramai digusur dan tergusur ke luar Jakarta. Walaupun sebetulnya, ’suku’ Betawi tidaklah pernah tergusur atau digusur dari Jakarta, karena proses asimilasi dari berbagai suku yang ada di Indonesia hingga kini terus berlangsung dan melalui proses panjang itu pulalah ’suku’ Betawi hadir di bumi Nusantara.

Bahasa

Sifat campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing.

Ada juga yang berpendapat bahwa suku bangsa yang mendiami daerah sekitar Batavia juga dikelompokkan sebagai suku Betawi awal (proto Betawi). Menurut sejarah, Kerajaan Tarumanagara, yang berpusat di Sundapura atau Sunda Kalapa, pernah diserang dan ditaklukkan oleh kerajaan Sriwijaya dari Sumatera. Oleh karena itu, tidak heran kalau etnis Sunda di pelabuhan Sunda Kalapa, jauh sebelum Sumpah Pemuda, sudah menggunakan bahasa Melayu, yang umum digunakan di Sumatera, yang kemudian dijadikan sebagai bahasa nasional.

Karena perbedaan bahasa yang digunakan tersebut maka pada awal abad ke-20, Belanda menganggap orang yang tinggal di sekitar Batavia sebagai etnis yang berbeda dengan etnis Sunda dan menyebutnya sebagai etnis Betawi (kata turunan dari Batavia). Walau demikian, masih banyak nama daerah dan nama sungai yang masih tetap dipertahankan dalam bahasa Sunda seperti kata Ancol, Pancoran, Cilandak, Ciliwung, Cideng (yang berasal dari Cihideung dan kemudian berubah menjadi Cideung dan tearkhir menjadi Cideng), dan lain-lain yang masih sesuai dengan penamaan yang digambarkan dalam naskah kuno Bujangga Manik[1] yang saat ini disimpan di perpustakaan Bodleian, Oxford, Inggris.

Meskipun bahasa formal yang digunakan di Jakarta adalah Bahasa Indonesia, bahasa informal atau bahasa percakapan sehari-hari adalah Bahasa Indonesia dialek Betawi.

Seni

Dalam bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tionghoa, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab,dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an. Saat ini Suku Betawi terkenal dengan seni Lenong, Gambang Kromong, Rebana Tanjidor dan Keroncong.

Kebudayaan

Sifat campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing. Dalam bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tiongkok, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab,dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an.

Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Mereka adalah hasil kawin-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu.

Kepercayaan

Orang Betawi sebagian besar menganut agama Islam. Tetapi yang menganut agama Kristen; Protestan dan Katholik juga ada namun hanya sedikit sekali. Diantara suku Betawi yang beragama Kristen, ada yang menyatakan bahwa mereka adalah keturunan campuran antara penduduk lokal dengan bangsa Portugis. Hal ini wajar karena pada awal abad ke-16, Surawisesa, raja Sunda mengadakan perjanjian dengan Portugis yang membolehkan Portugis membangun benteng dan gudang di pelabuhan Sunda Kalapa sehingga terbentuk komunitas Portugis di Sunda Kalapa.

Profesi

Di Jakarta, orang Betawi sebelum era pembangunan orde baru, terbagi atas beberapa profesi menurut lingkup wilayah (kampung) mereka masing-masing. Semisal di kampung Kemanggisan dan sekitaran Rawabelong banyak dijumpai para petani kembang (anggrek, kemboja jepang, dan lain-lain). Dan secara umum banyak menjadi guru, pengajar, dan pendidik semisal K.H. Djunaedi, K.H. Suit, dll. Profesi pedagang, pembatik juga banyak dilakoni oleh kaum betawi. Petani dan pekebun juga umum dilakoni oleh warga Kemanggisan.

Kampung yang sekarang lebih dikenal dengan Kuningan adalah tempat para peternak sapi perah. Kampung Kemandoran di mana tanah tidak sesubur Kemanggisan. Mandor, bek, jagoan silat banyak di jumpai disana semisal Ji'ih teman seperjuangan Pitung dari Rawabelong. Di kampung Paseban banyak warga adalah kaum pekerja kantoran sejak jaman Belanda dulu, meski kemampuan pencak silat mereka juga tidak diragukan. Guru, pengajar, ustadz, dan profesi pedagang eceran juga kerap dilakoni.

Warga Tebet aslinya adalah orang-orang Betawi gusuran Senayan, karena saat itu Ganefonya Bung Karno menyebabkan warga Betawi eksodus ke Tebet dan sekitarnya untuk "terpaksa" memuluskan pembuatan kompleks olahraga Gelora Bung Karno yang kita kenal sekarang ini. Karena asal-muasal bentukan etnis mereka adalah multikultur (orang Nusantara, Tionghoa, India, Arab, Belanda, Portugis, dan lain-lain), profesi masing-masing kaum disesuaikan pada cara pandang bentukan etnis dan bauran etnis dasar masing-masing.

Perilaku dan sifat

Asumsi kebanyakan orang tentang masyarakat Betawi ini jarang yang berhasil, baik dalam segi ekonomi, pendidikan dan teknologi. padahal tidak sedikit orang betawi yang berhasil. sebut saja Muhammad Husni Thamrin, Benyamin S, bahkan hingga Gubernur Jakarta saat ini, Fauzi Bowo.

Ada beberapa hal yang positif dari Betawi antara lain Jiwa sosial mereka sangat tinggi, walaupun terkadang dalam beberapa hal terlalu berlebih dan cenderung tendensius. orang betawi juga sangat menjaga nilai-nilai agama yang tercermin dari ajaran orangtua (terutama yang beragama islam), kepada anak-anaknya. Masyarakat betawi sangat menghargai pluralisme. hal ini terlihat dengan hubungan yang baik antara masyarakat betawi dan pendatang dari luar Jakarta.

Orang betawi sangat menghormati budaya yang mereka warisi. terbukti dari perilaku kebanyakan warga yang mesih memainkan lakon atau kebudayaan yang diwariskan dari masa ke masa seperti lenong, ondel-ondel, gambang kromong, dan lain-lain.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan sebagian besar masyarakat betawi masa kini agak terpinggirkan oleh modernisasi di lahan lahirnya sendiri (baca : Jakarta). namun tetap ada optimisme dari masyarakat betawi generasi mendatang yang justreu akan menopang modernisasi tersebut.

Tokoh Betawi
Benyamin Sueb, seniman Betawi legendaris.

* Muhammad Husni Thamrin - pahlawan nasional
* Ismail Marzuki - pahlawan nasional, seniman
* Ridwan Saidi - budayawan, politisi
* Bokir - seniman lenong
* Nasir - seniman lenong
* Benyamin Sueb - artis
* Nazar Ali - artis
* Mandra - artis
* Fauzi Bowo - pejabat pemerintahan
* K.H. Noerali - pahlawan nasional, ulama

Catatan kaki

1. ^ (2007) Three Old Sundanese Poems. KITLV Press.

Referensi

1. Castles, Lance The Ethnic Profile of Jakarta, Indonesia vol.I, Ithaca: Cornell University April 1967
2. Guinness, Patrick The attitudes and values of Betawi Fringe Dwellers in Djakarta, Berita Antropologi 8 (September), 1972, pp. 78–159
3. Knoerr, Jacqueline Im Spannungsfeld von Traditionalität und Modernität: Die Orang Betawi und Betawi-ness in Jakarta, Zeitschrift für Ethnologie 128 (2), 2002, pp. 203–221
4. Knoerr, Jacqueline Kreolität und postkoloniale Gesellschaft. Integration und Differenzierung in Jakarta, Frankfurt & New York: Campus Verlag, 2007
5. Saidi, Ridwan. Profil Orang Betawi: Asal Muasal, Kebudayaan, dan Adat Istiadatnya
6. Shahab, Yasmine (ed.), Betawi dalam Perspektif Kontemporer: Perkembangan, Potensi, dan Tantangannya, Jakarta: LKB, 1997
7. Wijaya, Hussein (ed.), Seni Budaya Betawi. Pralokarya Penggalian Dan Pengem¬bangannya, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 1976

Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Betawi"
Kategori: Betawi | Suku bangsa di Indonesia | Jakarta

Rabu, 04 November 2009

KALIGRAFI

Contoh Cara Penulisan Kaligrafi

Related Posts with Thumbnails
 
layout made by Rindi Khoirusiffa - Paper Templates